Tips Membersihkan Kilau Perhiasan Emas 22 Karat Dengan Benar

Perhiasan dari emas 22 karat memang tidak seperti perak atau perunggu yang mudah kusam dan rentan mengalami kerusakan. Kendati demikian, logam mulia yang memiliki kadar emas antara 90,60 hingga 94,79% tersebut tetap harus Anda rawat dengan baik dan benar untuk menjaga kilau dan kualitasnya.

Harga Emas 22 Karat Hari Ini

Perhiasan emas yang mengalami penurunan kualitas pada bentuk fisiknya akan berpengaruh pada nilai tukar atau nilai jual kembali dari harga emas 22 karat hari ini atau harga saat membelinya. Oleh sebab itu, yuk simak beberapa tips berikut ini untuk membersihkan perhiasan emas Anda dengan baik dan benar:

a. Membersihkan Emas 22 Karat dengan Air Mendidih

Cara termudah untuk membersihkan perhiasan Anda adalah dengan air mendidih. Dalam membersihkan emas 22 karat dengan air mendidih Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Perhiasan Yang Bisa Direbus

Membersihkan perhiasan dengan air mendidih memang cara yang paling mudah dan sederhana. Namun sayangnya cara tersebut tidak berlaku untuk semua jenis perhiasan.

Jika perhiasan Anda terdapat batu permata, mutiara, koral, atau tempelan hiasan lainnya, cara sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak dan mengendurkan lem yang merekatkan batu permata dengan emas itu sendiri.

  1. Mendidihkan Air

Untuk membersihkannya Anda tidak memerlukan air yang banyak. Cukup didihkan saja secukupnya untuk merendam seluruh bagian perhiasan. Letakkan perhiasan tersebut secara benar pada sebuah wadah. Usahakan tidak ada bagian yang saling tumpuk dan menutupi, sehingga seluruh bagian emas 22 karat tersebut akan bersih.

  1. Tunggu Hingga Airnya Dingin

Setelah air rendaman perhiasan tersebut dingin atau hangat-hangat kuku, lalu angkatlah perhiasannya. Kemudian lanjutkan dengan proses perebusan dan menggosok emas 22 karat tersebut dengan sikat yang lembut. Setelah itu, keringkan perhiasan dengan handuk yang lembut dan diangin-anginkan.

Jika Anda menjumpai air rebusannya kotor atau keruh, jangan khawatir karena hal tersebut menandakan bahwa kotoran dalam perhiasan Anda terangkat bersih.

b. Membersihkan Dengan Sabun Cuci Piring

Jika selama ini sabun cuci piring lebih dikenal untuk membersihkan piring dan perabotan dapur serta perlengkapan makan lainnya, ternyata perhiasan emas 22 karat Anda juga bisa dibersihkan dengan bantuan sabun cuci piring tersebut. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  1. Tuangkan Sedikit Sabun Cuci Piring

Tuangkan ke dalam mangkuk yang sudah diisi dengan ai hangat dan campur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Untuk membersihkan emas 22 karat Anda, selain dengan air keran biasa, akan lebih baik jika Anda menggunakan air yang berkarbonasi bebas natrium atau pun  club soda.

Adanya karbonasi tersebut dapat membantu melepaskan akumulasi kotoran dan debu dari perhiasan Anda. Namun perlu diperhatikan jika perhiasan Anda terdapat tempelan batu permata atau sejenisnya, jangan gunakan air yang sedang mendidih atau panas. Hal tersebut malah akan membuat batu permata tersebut rapuh, bahkan retak jika mengalami penurunan suhu yang cukup drastis dan cepat.

  1. Rendam Perhiasan Emas 22 Karat

Rendam atau diamkan perhiasan Anda pada air campuran sabun cuci piring tersebut selama kurang lebih 15 menit. Saat direndam, air sabun tersebut akan bekerja melalui lekukan dan celah celah, lalu melonggarkan debu dan kotoran bahkan pada bagian yang sulit dijangkau sekalipun.

  1. Gosok Perhiasan Dengan Sikat Halus

Merendam perhiasan emas 22 karat dengan air sabun memang akan membantu mengangkat kotoran hingga ke sela-sela perhiasan. Namun jika kotoran tersebut membandel, Anda perlu untuk menggosokkannya dengan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut.

Hindari menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu kasar karena malah nantinya akan menggores permukaan perhiasan tersebut. Untuk lebih menjaga mutunya, Anda juga bisa menggunakan sikat yang khusus untuk membersihkan perhiasan.

  1. Bilas Dengan Air Hangat

Setelah semua tahap untuk membersihkan perhiasan emas 22 karat dilakukan, bilaslah perhiasan tersebut dengan air yang hangat.

  1. Keringkan Dengan Kain

Tips terakhir dalam membersihkan perhiasaan Anda adalah dengan mengeringkannya. Anda cukup mengeringkannya dengan handuk atau kain yang lembut. Kemudian biarkan perhiasaan Anda terkena angin agar benar-benar kering dan bebas dari air.

Perhiasan yang belum kering sempur dan langsung disimpan dalam wadah yang tertutup akan memicu tumbuhnya jamur yang akan menyebabkan alergi saat dipakai. Baca Mau Mau Beli Emas 24 Karat? Beberapa Hal Penting Saat Membeli.

Nah, selain beberapa tips membersihkan perhiasan emas 22 karat di atas, Anda juga bisa mencoba dengan beberapa cara lagi, seperti membersihkannya dengan pasta gigi ataupun dengan bahan kimia amonia. Namun membersihkan dengan cara tersebut hanya dilakukan sesekali saja. Karena jika terlalu sering akan mengikis permukaan emas Anda.

Leave a Comment