X

Ukuran Cincin dan Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilihnya

Ukuran cincin – Ketika hendak bertunangan atau menikah, Anda dan pasangan tentu akan memesan cincin sebagai simbol pengikat. Tapi banyak hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli cincin tunangan.

Tak hanya mengenai harga ataupun desain cincin yang perlu Anda pertimbangkan. Karena untuk hal itu, kami yakin anda semua sudah paham bagaimana cara memilihnya.

Justru yang paling penting dari itu semua itu adalah memastikan ukuran cincin yang anda beli pas dengan tunangan anda.

Menentukan ukuran cincin yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Ukuran jari seseorang dapat berubah sebab suatu kondisi, misalnya saja jika berat badan Anda naik atau turun.

Hal ini tentu berpengaruh pada ukuran cincin Anda.  Naik atau turun ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai karena sakit, program diet dan lain sebagainya.

Nah, agar anda tidak membeli ukuran cincin yang salah. Pada kesempatan ini kami mencoba berbagi beberapa tips praktis yang bisa anda praktekan sebelum membeli cincin untuk pasangan anda.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menentukan ukuran cincin yang tepat sehingga tidak melakukan kesalahan dengan membeli ukuran yang salah.

Tips Menentukan Ukuran Cincin

1. Pilih Jari Manis

Umumnya, cincin tunangan dipakai di jari manis sebelah kiri. Sedangkan cincin menikah dipakai di jari manis sebelah kanan. Namun hal ini tentunya tidak ada aturan yang mengikat.

Ukuran jari manis di kanan dan kiri tentunya berbeda. Tangan yang paling sering Anda gunakan untuk beraktifitas, memiliki ukuran jari yang lebih besar dari tangan lainnya.

Hal ini tentu bisa menjadi informasi untuk Anda dalam menentukan ukuran cincin. Jika anda kesulitan, mungkin ada baiknya untuk mengajak tunangan anda membeli cincinnya secara langsung.

Memang akhirnya tidak istimewa karena anda harus membelinya barengan.

2. Ketahui Ukuran Jari Anda

Bagaimana cara menentukan ukuran cincin Anda dan pasangan? Caranya sangatlah mudah.

Siapkanlah bahan-bahan yang diperlukan untuk mengukur ukuran jari Anda. Meliputi pita atau kertas persegi panjang, spidol atau pulpen, gunting serta penggaris.

Selanjutnya, ukurlah jari Anda dengan cara melilitkan pita atau kertas persegi panjang tadi ke jari.

Selanjutnya coba cek apakah lilitan pita atau kertas persegi panjang tersebut dapat dengan mudah keluar dari jari Anda. Hal ini berguna untuk mengecek apakah ukuran cincin yang Anda pesan dapat dilepas atau dipakai dengan mudah.

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menandai ujung dari gulungan pita atau kertas tadi yang sesuai dengan diameter jari Anda.

Guntinglah kertas tersebut sesuai dengan tanda yang Anda buat tadi. Hal terakhir yang Anda lakukan yaitu mengukur pita atau kertas tadi menggunakan penggaris.

3. Hitung Ukuran Cincin dengan Diameter Dalam

Selain menggunakan cara diatas, Anda juga bisamenentukan ukuran cincin dengan mengukur bagian dalam cincin.

Selanjutnya bandingkan diameter cincin tersebut dengan international ring size chart atau tabel standart ukuran cincin internasional.

Rata-rata wanita menggunakan cincin yang berukuran 12.5 pada skala Indonesia dan ukuran 6 pada skala Amerika dengan lebar 2 atau 3 mm.

Sedangkan pria biasanya menggunakan cincin dengan ukuran 17 pada skala Indonesia dan ukuran 8 pada skala Amerika dengan lebar 4 atau 6 mm.

Ukuran jari setiap orang tentunya berbeda-beda. Baca juga Model Cincin Palladium Termewah.

Jika Anda belum yakin dengan mengukur jari Anda sendiri, maka Anda juga bisa pergi ke toko perhiasan.

Setiap toko perhiasan tentunya memiliki peralatan lengkap untuk mengukur ukuran cincin yang tepat untuk Anda dan pasangan. Anda juga dapat melihat desain cincin yang Anda inginkan.

Suatu hal penting yang perlu anda perhatikan saat mengukur ukuran cincin yang akan dibeli adalah tidak mengukurnya dalam keadaan sakit. Apalagi mengukurnya saat anda sedang program diet.

Jika anda memaksakan mengukurnya dalam keadaan sakit atau dalam keadaan menjalankan program diet, maka sangat besar kemungkinan cincin yang anda beli ukurannya tidak cocok.

Bisa kekecilan karena setelah sakit anda kembali gemuk. Dan bisa juga kebesaran karena berat badan anda turun setelah menjalankan program diet.

Cara yang paling tepat untuk menentukan ukuran cincin adalah dengan mendatangi toko perhiasannya secara langsung. Sehingga anda bisa mencocokan ukuran cincin langsung ke jari anda tanpa proses yang ribet, sekaligus mengetahui harga cincin emas yang tersedia.

Categories: Cincin
Aldi Putra: Mahasiswa ekonomi yang suka menulis