Cincin Putih Sebagai Salah Satu Cincin Elegan

Cincin emas putih merupakan cincin yang terbuat dari emas putih. Saat ini sudah bukan hal yang baru lagi ketika acara tukar cincin dalam prosesi lamaran menggunakan emas putih. Emas putih sendiri merupakan campuran emas murni yang memiliki warna kuning dengan nikel sehingga didapatkan warna putih. Perbandingan campuran tersebut biasanya emas murni:nikel yaitu 3:1.

Model cincin emas putih cantik elegan

cincin emas putih elegan

cincin emas putih sederhana

Tips Membeli cincin emas putih

cincin emas putih menjadi salah satu perhiasan yang diidam-idamkan oleh kaum hawa. Cincin tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam penampilan. Apalagi jika Anda bisa memilih model yang sesuai dengan gaya Anda. Hal tersebut tentunya bisa menjadi cerminan karakteristik Anda sehingga berbeda dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli emas putih.

  • Perhatikan waktu pemesanan

Cincin yang terbuat dari emas putih biasanya sering digunakan sebagai cincin kawin. Anda pun bisa memesan model sesuai dengan desain pilihan Anda. Apalagi jika Anda menginginkan cincin dengan model yang rumit, tentu pengrajin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Agar bisa mendapatkan model cincin yang sesuai dengan selera, sebaiknya pesanlah jauh-jauh hari sebelum acara. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari keterlambatan cincin sehingga membuat acara lamaran atau nikah Anda menjadi terganggu.

  • Ukuran jari

Ukuran jari menjadi hal mutlak yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli cincin emas putih. Jadi, kasus cincin tidak muat atau cincin kebesaran tidak akan Anda jumpai. Jika Anda membeli untuk pasangan Anda, sebaiknya tanyakan dulu ukuran jarinya. Jika Anda membelikan dengan ukuran yang salah, bisa jadi hal tersebut memperkeruh hubungan Anda dengan orang tercinta. Pasangan Anda bisa berprasangka buruk bahwa cincin yang Anda berikan tersebut merupakan milik wanita lain karena tidak pas dengan ukuran jarinya.

  • Dana

Apabila ingin membeli barang, hal mendasar yang perlu diperhatikan tentu adalah masalah dana. Pastikan Anda membeli cincin yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Apabila dana Anda banyak, Anda bisa membeli emas putih dengan kualitas 24 karat. Kalau memang budget Anda pas-pasan, alternatif yang Anda miliki yaitu membeli emas putih dengan kadar 14 karat karena harganya cenderung lebih murah. Walaupun hanya 14 karat, tetapi emas putih tersebut tetaplah emas putih yang masuk dalam jajaran perhiasan yang dielu-elukan oleh para wanita.

  • Surat-surat

cincin emas putih yang Anda beli dari toko resmi biasanya dilengkapi dengan surat-surat. Hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi Anda di kemudian hari. Emas yang memiliki surat apabila dijual memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang tidak bersurat. Oleh karena itu, tanyakan kepada pembeli ada suratnya atau tidak sebelum Anda terlanjur membayarnya.

  • Toko Resmi

Banyak toko yang menawarkan cincin yang terbuat dari emas putih. Namun, sebagai konsumen yang jeli, sebaiknya belilah di toko yang resmi. Kalau Anda memilih toko yang tidak resmi, kemungkinan besar Anda memang akan mendapatkan harga yang murah bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang beredar di pasaran, Namun, bisa jadi emas yang ditawarkan tersebut adalah palsu. Maka untuk amannya, belilah di tempat penjualan resmi karena kualitasnya dan keaslianya lebih terjamin walaupun harganya mungkin mahal. Meski mahal, harga tersebut biasanya juga sudah menyesuaikan dengan harga resmi atau standar yang telah ditetapkan. Jika terdapat selisih sedikit, hal tersebut masih dianggap wajar.

cincin emas putih model stylish

cincin emas putih terbaru

cincin emas putih kombinasi

Cara Mengenali Emas Putih Asli Pada cincin emas putih

Cincin yang terbuat dari emas putih termasuk perhiasan elegan sehingga menjadi favorit banyak orang. Namun apa jadinya kalau emas putih yang Anda beli tidak asli. Bukan elegan yang didapat justru rasa malu dan penyesalan yang dirasakan.

  • Uji magnet

Emas putih yang asli tidak akan bereaksi ketika Anda mendekatkannya dengan magnet. Jika emas putih yang Anda beli bisa tertarik oleh magnet, maka Anda pun harus siap-siap menyesal karena sudah dapat dipastikan bahwa emas tersebut adalah emas putih palsu.

  • Uji densitas

Untuk melakukan uji densitas, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda tempuh:

  1. a)Timbang emas dengan timbangan. Sebaiknya gunakan timbangan digital agar hasilnya pun lebih akurat dan presisi.
  2. b)Timbang gelas yang sudah diisi dengan air
  3. c)Masukkan emas ke dalam gelas tersebut dan amati perubahan tinggi air dalam gelas tersebut
  4. d)Hitung densitas dengan membagi massa dengan volume
  5. e)Emas putih yang memiliki kadar 18 karat biasanya memiliki nilai densitas berkisar antara 14,7 hinggga 16,9 g/mL.
  • Goreskan pada benda keras

Anda bisa mengetes keaslian emas dengan menggoreskannya pada benda keras. Misalnya Anda menggoreskan emas putih tersebut pada kerami. Apabila warna emas berubah menjadi hitam setelah Anda goreskan berarti emas tersebut tidak asli. Baca juga Cincin Mutiara Sebagai Salah Satu Cincin Terpopuler.

Harga cincin emas putih

Harga cincin beragam, tergantung dari model dan kadar karatnya. Semakin rumit modelnya, tentu harga jasa pembuatannya juga lebih besar sehingga harga akhir cincin tersebut juga mahal. Namun, bagi pemuja estetika tentu harga mahal tidak masalah asalkan sebanding dengan kualitas karya cincin tersebut. Selain dari modelnya, harga emas juga dipengaruhi oleh kadar karatnya. Semakin besar kadarnya, tentu harganya juga semakin mahal. Emas putih sebesar 24 karat memiliki harga sekitar 560-an ribu per gramnya. Untuk 22 karat, harga per gramnya berada di kisaran 520-an ribu. Anda bisa mendapatkan emas putih dengan harga sekitar 420-an ribu/gram dengan kadar 18 karat. Dan Anda pun cukup mengeluarkan biaya sebesar 320-an ribu untuk mendapatkan cincin emas putih 14 karat per gramnya.

Leave a Comment