Perhiasan Berlian Terbaik Model Cincin

Perhiasan Berlian, Koleksi Dambaan Setiap Wanita

Perhiasan berlian merupakan dambaan bagi kebanyakan wanita. Selain memiliki tampilan yang menawan, perhiasan ini juga identik dengan harganya yang mahal sehingga tidak semua orang dapat memilikinya. Bagi Anda yang sedang mulai mengoleksi perhiasan berlian, ada beberapa jenis perhiasan yang wajib ada dalam daftar koleksi Anda.

Jenis Perhiasan Berlian yang Wajib Anda Miliki

Pada saat membeli berlian, ada 2 hal yang perlu Anda pikirkan. Hal pertama adalah mempertimbangkan model yang disukai dan yang kedua adalah memastikan model perhiasan tersebut memiliki desain timeless atau tidak lekang oleh waktu sehingga perhiasan ini dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang

–               Giwang Berlian

–               Anting-anting berlian

–               Cincin berlian

–               Kalung dan liontin berlian

Perhiasan Berlian Model Gelang Elegan

Perhiasan Berlian Model Kalung Elegan

Model Perhiasan Berlian Terbaru 2017

Perhiasan Berlian Model Cincin Elegan

Ciri-ciri Berlian Asli

Mahalnya harga perhiasan berlian membuat beberapa oknum sengaja untuk memalsukan batu tersebut. Tidak sedikit orang yang tertipu karena mengira berlian palsu sebagai berlian asli. Sebenarnya, berlian memiliki beberapa ciri – ciri yang dapat membantu Anda menentukan apakah berlian tersebut asli atau palsu. Berikut ini adalah ciri-cirinya

–               Keras

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berlian merupakan batu yang paling keras dari berbagai jenis batu yang ada di bumi. Jika berlian Anda terbelah atau rusak ketika mengalami benturan yang ringan, maka dapat dipastikan berlian tersebut adalah palsu.

–               Hadir Dalam Berbagai Warna

Berlian tidak hanya memiliki warna bening saja tetapi juga tersedia dalam berbagai warna. Jenis berlian yang langka memiliki warna kuning, biru, dan pink. Jadi, jangan sampai Anda tertipu ketika penjual perhiasan berkata bahwa berlian yang ia jual merupakan berlian langka tetapi mempunyai warna selain kuning, biru, dan pink.

–               Dapat Menggores Benda

Seperti yang telah disebutkan di atas, karena berlian adalah benda yang paling keras di bumi,berlian dapat menggores benda apapun. Untuk membuktikan keasliannya, Anda dapat menggoreskan berlian ke kaca. Jika kaca tadi tergores dan berlian tersebut tidak rusak, maka itu adalah berlian asli.

–               Memiliki Pencerminan yang Tidak Jelas

Banyak orang mengira bahwa seseorang dapat melihat suatu benda dengan jelas melalui berlian. Namun kenyataannya, berlian asli tidak mempunyai refleksi yang jelas. Jika berlian asli diletakkan di atas sebuah koran, tulisan yang ada di koran tersebut tidak dapat terlihat jelas. Namun sebaliknya ketika berlian palsu diletakkan di atas koran, tulisannya dapat terbaca dengan jelas. Ini disebabkan karena berlian palsu biasanya terbuat dari kaca sehingga dapat merefleksikan benda yang ada di balik berlian tersebut dengan jelas.

–               Tidak Dapat Berkabut

Cobalah untuk menghembuskan nafas ke arah berlian tersebut. Jika kabut yang mengenai berlian langsung menghilang, maka itu adalah berlian asli. Namun jika kabut bertahan beberapa saat pada berlian, dapat dipastikan bahwa itu merupakan berlian palsu.

–               Refleksi Abu-abu

Berlian yang asli hanya memberikan refleksi berwarna abu-abu. Jika berlian tersebut dapat merefleksikan berbagai warna, maka itu adalah berlian palsu.

–               Dapat Merefleksikan Cahaya

Berlian asli mampu merefleksikan cahaya di semua sisinya sehingga terlihat berkilau. Sementara itu berlian palsu umumnya hanya nampak berkilau pada bagian atas.

–               Tidak Dapat Dipanaskan

Jika berlian Anda dipanaskan dan berlian tersebut menjadi terasa panas, ini berarti berlian itu palsu. Berlian asli mampu menghilangkan panas dengan cepat sehingga berlian tidak akan hangat atau panas setelah dipanaskan.

–               Tidak Mudah Tergores

Berlian yang asli tidak mudah tergores. Bila berlian tersebut mempunyai banyak goresan, ini berarti berlian tersebut palsu

–               Tidak Mengapung di Air

Berlian asli akan tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Sementara itu jika berlian tersebut mengapung, maka itu adalah berlian palsu

–               Memiliki Sertifikat

Berlian asli biasanya dilengkapi dengan sertifikasi internasional, contohnya adalah sertifikat GIA. Pastikan perhiasan berlian yang Anda beli mempunyai sertifikat resmi tersebut dan membelinya di toko yang terpercaya. Baca juga Perhiasan Perak, Elegan Dengan Harga Terjangkau.

Perhiasan Berlian Terbaik Model Cincin

Perhiasan Berlian Set Elegan

Model Perhiasan Berlian Aksesoris

Tips Memilih Perhiasan Berlian

Memilih berlian yang berkualitas bukanla hal yang mudah. Karena berlian adalah perhiasan mahal, Anda tidak boleh sampai tertipu saat membeli perhiasan tersebut. Apalagi dengan beberapa trik tertentu, berlian seolah terlihat bebas cacat. Cacat pada berlian biasanya disembunyikan lewat proses pelapisan, disumpal dengan kaca, atau perlakuan dengan sinar laser. Untuk memilih berlian sebenarnya didasarkan pada 4C yaitu:

–               Color (Warna)

Berlian secara kasat mata tidak berwarna. Tetapi jika dicermati, ada berlian yang berwarna agak coklat atau kuning. Semakin bening warna berlian tersebut, biasanya harganya akan semakin tinggi karena menurut skala GIA, berlian mempunyai beberapa tingkatan warna. Selain itu, berlian yang telah disetting ke dalam perhiasan juga dapat mengubah warna berlian tersebut.

–               Clarity (Kejelasan)

Clarity ditentukan berdasarkan warna, jumlah, jenis, penempatan, ukuran, dan jenis inklusi. Inklusi itu sendiri adalah proses pembentukan yang secara alami terjadi pada suatu mineral di bumi atau sering dikenal dengan ‘sidik jari alami’. Proses ini menyebabkan mineral di bumi mengalami ketidaksempurnaan, termasuk pada batu mulia. Inklusi dapat berupa beberapa bentuk seperti titik gelap dan titik kecil putih. Hal ini biasanya tidak akan terlihat oleh manusia dengan mata telanjang. Semakin sedikit inklusinya, maaka nilai berlian tersebut akan semakin tinggi.

–               Cut (Potongan)

Bentuk potongan berlian juga dapat mempengaruhi harga berlian. Bentuk berlian yang populer adalah tipe round atau bulat. Jenis potongan ini membuat berlian terlihat lebih berkilau dan cemerlang karena intensitas cahaya dan warna yang cukup.

–               Carat (Karat)

Berlian dijual menurut berat yang diukur dengan satuan karat. Satu karat setara dengan 200 mg atau 1/5 gram. Harga perhiasan berlianakan semakin tinggi jika ukuran karatnya semakin besar.

Leave a Comment